Translate

Laman

Partner

Sabtu, 07 Desember 2013

Sedikit Pengertian Tentang Pemasaran

Dalam bahasan kali ini saya coba sedikit mengulas tentang pemasaran. Nah, sebenarnya apa sih itu pemasaran dan apa fungsi serta bagaimana posisinya di dalam sebuah perusahan atau organisasi? Mari kita lihat lebih lanjut.

"Marketing is simply figuring out what you have to do to sell your product or servivce for a profit"
Jack Trout.

Saat ini yang namanya pemasaran sudah mengalami berbagai perkembangan. Kalau dulu pemasaran itu berkutat di sekitar aspek distribusi barang saja, saat ini pemasaran sudah bermetamorfosis sehingga tidak hanya dalam lingkup distribusi saja tetapi sudah mencakup produk, harga, promosi dan juga relasi antara penjual dan juga pasar.

Dan ternyata selama ini kalau dilihat dari statement di atas, menjelaskan bahwa pengertian umum pemasaran yang ada selama ini di dalam pikiran masyarakat adalah salah dan keliru. Bila anda ditanya apa itu arti pemasaran? Dan saya berani jamin anda pasti menjawab, proses menjual dari produsen ke konsumen, atau penjual menjual barangnya pada pembeli, atau si penjual mencari profit dari menjual barangnya.

Saat ini pemasaran sendiri bukan hanya sekitar si penjual mencari pembeli dan menjual barangnya. Namun lebih ke arah yang lebih luas lagi. Sekali lagi, bukan hanya soal jual menjual saja. Pemasaran juga berarti menjaga relasi dengan stakeholder & pelanggan, mengamati perkembangan pasar, mengamati perubahan dan manuver pesaing, dan juga sampai hubungannya dengan pemerintah. Jadi memang saat ini pemasaran sudah berkembang lebih dari hanya sekedar aktivitas jual dan beli.

Oke, berikut ini saya coba bantu untuk memberikan definisi dan artian dari pemasaran.
- Pemasaran berkenaan dengan distribusi  aktual produk dan proses pembelian serta penjualan: termasuk di      dalamnya semua proses transportasi, penyimpanan, pemeriksaan, pembelian, penjualan dan seterusnya.
  Duncan/1922

- Pemasaran adalah proses menentukan permintaan konsumen atas sebuah produk dan jasa, memotivasi       
  penjualan produk/jasa tersebut dan mendistribusikannya pada konsumen akhir dengan memperoleh laba.
  Brech/1954

- Pemasaran adalah pelaksanaan aktivitas bisnis yang mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen ke     konsumen dalam rangka memuaskan konsumen sebaik mungkin demi mewujudkan tujuan perusahaan.
  McCarthy/1960

Dari beberapa defisini di atas cukup terlihat betapa pemasaran sudah membias deifnisinya, contohnya dari McCarthy, dalam pendapatnya tentang pemasaran terselip kata "memuaskan". Itu artinya selain hanya berkutat pada penjualan, maka pemasaran menurutnya juga berarti menjaga kepercayaan dan keyakinan pelanggan terhadap si produsen. Dan anda tau, itu sangat penting.

Contoh lain datang dari Cherington, menurutnya pemasaran adalah suatu kegiatan yang berfokus pada pada upaya mempertemukan para penjual dengan para pembeli yang potensial, pandangan ini mengacu pada ekonomi yang berfungsi sebagai dasar ilmu pemasaran. 
Meskipun banyak sekali para ahli ekonomi dan pemasaran yang memiliki pandangan berbeda  akan pemasaran, namun saling melengkapi dan bukan membedakan inti dari definisi pemasaran.

Di Amerika ada suatu organisasi yang bernama AMA ( American Marketing Association), asosiasi ini bergerak di bidang pemasaran dan dari asosiasi ini terbitlah penyamaan definisi tentang pemasaran yaitu, 
"pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi."

Namun ternyata pernyataan tersebut menimbulkan pro dan kontra. Pernyataan tersebut dianggap sangat  bersifat manajerial dan mengabaikan dampak luas pemasaran, sehingga para ahli meninjau ulang pengertian dari pemasaran ini. Dan akhirnya pada tahun 2007 para ahli di AMA ini mengeluarkan pengertian baru lagi tentang pemasaran yaitu "aktivitas, serangkaian, dan proses menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan penawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar